Archive for January 2014

PENYERAHAN APRESIASI BAPAK H. PROBOSUTEDJO KEPADA PARA WISUDAWAN TERBAIK SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

IMG_0470Universitas Mercu Buana dan Bapak H. Probosutedjo (Ketua Dewan Pembina Yayasan Menara Bhakti) menyerahkan apresiasi sebagai penghargaan atas prestasinya, kepada Wisudawan/ti Terbaik Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014, berjumlah 23 Wisudawan/ti. Acara ini berlangsung di  ruang Rektorat UMB, dihadiri oleh Prof. Dr. H. Suharyadi, MS (Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Menara Bhakti), Rektor UMB, Dr.Arissetyanto Nugroho, MM, para Dekan serta Kaprodi D3, S1 dan S2. Apresiasi yang diberikan berupa Program Company Visit ke Singapore selama tiga hari, sedangkan untuk para Wisudawan Terbaik tingkat Fakultas, yang berjumlah 7 orang, diberikan uang tunai sebesar Rp 50 Juta, oleh Bapak H. Probosutedjo. Mereka juga diberi peluang untuk dapat melanjutkan program S2 di China, pada tahaun akademik 2014/2015 mendatang, khususnya di universitas yang telah memiliki MOU dengan UMB. (20/12/13)

Dalam sambutannya Dr. Arissetyanto Nugroho menyampaikan bahwa menjadi wisudawan/ti terbaik ini hanyalah sebuah awal. Mempunyai predikat — Ter –, itu adalah sesuatu yang membanggakan tetapi jangan sampai kita cepat puas. Kita harus tetep berkembang agar kita mempunyai daya saing yang tinggi. Harapan saya, kalian tidak berhenti disini saja, kalian juga harus bisa mempunyai sikap aktif, inovatif dan inisiatif. Buktikan kepada yang lain bahwa alumni UMB juga bisa melakukan yang terbaik. Jika kita mau maju jangan melihat hari apa, tapi bayangkan saja setiap harinya adalah hari senin, jika kalian bertanya kepada saya hari apa yang saya sukai adalah hari senin, maka aka nada semangat yang timbul dari diri kita.

Dilanjutkan sambutan dari Prof. Dr. H. Suharyadi MS yang  mengatakan sebagai Wisudawan Terbaik harus bisa berkembang dan memberikan yang terbaik,  menunjukkan prestasi kepada masyarakat, sehingga dapat membawa nama baik almamater Universitas Mercu Buana. Kemampuan soft skill harus dikembangkan dengan cara banyak membaca buku buku. Untuk 7 wisudawan yang mendapatkan Rp 50 Juta dari Bapak H. Probosutedjo, diucapkan selamat sukses. Anda harus bersyukur, karena jika kalian bersyukur itu adalah sebuah awalan untuk kalian, agar bisa mendapatkan kenikmatan yang lain.

Sedangkan sambutan dari wakil Wisudawan Terbaik yaitu Ryani Adella, SE, yang menjelaskan ucapan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada para dosen  yang telah membimbing dan mendoakan sehingga dapat resmi diwisuda pada tanggal 17 Desember 2013, sehingga kami mendapatkan gelar Magister, Sarjana dan juga Diploma. Kami juga mohon doa restu kepada bapak ibu dosen agar kami semua dapat menjadi manusia berguna, baik untuk Universitas Mercu Buana, maupun perusahaan di tempat kami bekerja. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)

DIES NATALIS UMB 28 : UMB RAIH PRESTASI PTS UNGGULAN BIDANG PENGELOLAAN DOSEN SE DKI JAKARTA

DSC_4727Universitas Mercu Buana kembali menggelar Wisuda Sarjana ke XXIX dan Pascasarjana ke XVI Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014 bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center 17/12/13. Wisuda dihadiri oleh Prof Dr Ilza Mayuni MA (Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta), Prof. Dr. H. Suharyadi. MS (Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Menara Bhakti) dan Drs. H. Soehardjo Soebardi (Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Menara Bhakti), serta  anggota BPH Yayasan Menara Bhakti, Undangan, Guru Besar, Anggota Senat dan Pimpinan Universitas Mercu Buana dan Orang tua Wisudawan. Universitas Mercu Buana mewisuda 1687 orang wisudawan yang terdiri dari 195 Magister, 8 Sarjana Profesi, 1457 Sarjana dan 27 Diploma.

Dalam pidatonya, Dr. Arissetyanto Nugroho (Rektor UMB) menyebutkan bahwa upaya peningkatan kualitas terus menerus dilakukan, salah satunya dengan menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, guna menjaga kualitas proses pendidikan dan pembelajaran. UMB terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu lulusan, melalui internasionalisasi serta peningkatan daya saing global. Saat ini rangking pada webometric, UMB menempati peringkat ke-21 dari 3.106, PT baik PTN maupun PTS di seluruh Indonesia dan peringkat ke 19 versi 4ICU. Upaya lain adalah menyelenggarakan program Student Exchange, Summer Camp, Joint ResearchJoint Seminar dan Publikasi Ilmiah dengan Perguruan Tinggi di Australia, Korea Selatan, China, Malaysia,  Rumania, Hungaria, Bahrain, Thailand, Jepang dan Perancis.

Universitas Mercu Buana memperoleh penghargaan sebagai PTS Unggulan Kopertis Wilayah III Bidang Pengelolaan Dosen Tetap Tahun 2013. Hal ini sebagai bukti bahwa Universitas Mercu Buana sangat mendukung program pemerintah khususnya peningkatan kualitas sumber daya tenaga pendidik, guna menciptakan output terbaik dari proses belajar mengajarnya.

UMB terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu lulusan, serta mengembangkan UMB Career dan Training Center dan Pusat Kewirausahaan untuk membantu lulusan mendapatkan pekerjaan (job seeker) melalui Career Fair sekaligus memfasilitasi peminatan dan pengelolaan wirausaha mahasiswa. Hasil jerih payah itu sekarang terbukti pada wisudawan saat ini, dari 1687jumlah wisudawan sebanyak 42.86%telah mendapatkan pekerjaan dan berwirausaha mandiri di berbagai bidang. Dalam rangka menguatkan strategic partner, UMB juga menjalin kerjasama dengan PT Bank BNI, dengan menerbitkan BNI Card UMB Affinity. Dengan program tersebut, UMB memperoleh pemanfaatan sebesar 3% untuk kegiatan kemahasiswaan, serta MOU dengan PT. Garuda Indonesia Tbk yang telah mendukung kinerja civitas akademika UMB.

Selanjutnya Rektor UMB dalam sambutannya menekankan bahwa akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai 1 Januari 2015 mendatang, merupakan awal dari keterbukaan di kawasan Asia Tenggara, karena setelah itu kita dan 9 negara anggota ASEAN lain tidak lagi bisa membentengi negara dengan berbagai peraturan untuk tidak membolehkan mengalirnya barang dan jasa dari tetangga-tetangga kita. Termasuk diantaranya nanti, setiap  perguruan tinggi dari anggota ASEAN lainnya berhak dan dibolehkan untuk membuka cabang atau unitnya di Indonesia. Diungkapkan juga sebagian besar dari mahasiswa di UMB adalah pemilih pemula, warga negara yang pertama kali akan menggunakan hak pilihnya karena sudah berusia di atas 17 tahun. Saya harap mereka akan menggunakan hak pilihnya dengan benar dan bijak, karena mereka akan memilih siapa yang menjadi wakilnya di masa depan. Arah NKRI akan ditentukan oleh siapa yang mewakilinya, mengawasi jalannya roda pemerintahan mendatang. Pada bulan Oktober 2014, para mahasiswa kembali akan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin mereka (Presiden dan Wakil Presiden). Saya harapkan mereka dapat menentukan pilihan yang paling tepat.

Dr. Arissetyanto Nugroho berharap wisudawan dapat menjadi tenaga professional di satu sisi dan di sisi lain dapat berwirausaha, yang dapat menciptakan pekerjaan baru dan para wisudawan dapat membawa Universitas Mercu Buana menjadi universitas pilihan yang berkualitas, mampu berkontribusi bagi penciptaan SDM yang unggul, bermutu dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

(Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)

INFO FPSI: SILATURAHMI PENGURUS DAN ANGGOTA AP2TPI PSIKOLOGI INDONESIA

IMG_7854AP2TPI Psikologi mengadakan silahturahmi antara anggota asosiasi penyelenggara perguruan tinggi psikologi se-JABODETABEK di Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, 5/12/13. Pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Dr. H.A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, yang sekaligus sebagai narasumber. Acara dihadiri oleh para dekan dan dosen-dosen psikologi universitas se-Jabodetabek, dengan bahasan yang berbeda di setiap pertemuan silahturahmi. Tema kali ini di Universitas Mercu Buana adalah Sarasehan Kepemimpinan Organisasi, dimana pembahasan ini membahas suatu kepemimpinan didalam perusahaan atau organisasi. Tujuan dengan diadakan acara ini adalah menjalin silahturahmi anggota dan pengurus AP2TPI Psikologi Indonesia, khususnya dalam membuat suatu pemikiran untuk melahirkan kualifikasi psikologi menjadi pemimpin organisasi, termasuk pemimpin organisasi pemerintahan,akademik dan lainnya. Disampaikan juga oleh Dr. Anwar Prabu bahwa apabila acara ini dijadikan rutinitas secara terus menerus, dapat diharapkan adanya kebersamaan dari para ahli psikologi seIndonesia dan juga melahirkan ide-ide pemikiran yang bisa menjadi suatu tindakan nyata, untuk memberikan sumbangsih ke pemerintah, organisasi maupun akademik. Acara diadakan setiap 3 bulan sekali, bergiliran di universitas lain yang memiliki Fakultas Psikologi. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / email: humas@mercubuana.ac.id / twitter: @humasmercubuana / fb:humas.mercubuana )