JURNAL FESTIVAL UMB 6: KOMPETISI PRAMUKA WUJUD KERJASAMA DAN KEKOMPAKAN KELOMPOK

Menginjak minggu kedua acara Festival UMB 6, telah dilaksanakan kompetisi Pramuka Tingkat SMP, dimana pelaksanaannya bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, Minggu, 10 November 2013. Kali ini bertempat di depan Tower UMB, para peserta kompetisi Pramuka siap unjuk kekompakan. Peserta kompetisi Pramuka tahun ini terdiri atas 27 regu dari 17 sekolah Se –Jabodetabek yang semuanya adalah siswa/I tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Apel pembukaan mengawali rangkaian acara kompetisi pramuka. Pembina apelnya adalah Ketua Kuartil Cabang Jakarta Barat, Abdul Rahman. Pria berumur 73 tahun ini berkali-kali memekikan kata merdeka dalam sambutannya. Merdeka! Merdeka! Merdeka!, ucapnya sambil mengepalkan tangan keatas. Seruan merdeka itu sekaligus tanda dimulainya kompetisi pramuka tahun ini.
Dalam kompetisi kali ini, ada lima pos yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu: Pos Pengetahuan Umum & Pengetahuan Kepramukaan (PUPK), Pos Isyarat, Pos Pekik Merdeka, Pos Pioneering danPos P3K. Untuk mendapatkan point maksimal disetiap pos yang paling dibutuhkan adalah kepercayaan dan kerja sama dari anggota regu.Benang merah dari kompetisi ini adalah soal kekompakan. Kita mengajari mereka soal managemen, bagaimana mereka bisa mengatasi konflik dari setiap masing – masing anggotanya, ujar Iwan Setiawan, MM selaku Pembina UKK Pramuka UMB sekaligus Juri Kompetisi Pramuka Festival UMB 6.
Acara ini mendapat tanggapan positif dari para peserta. Salah satunya Choriah Indah, siswi SMP 201 Jakarta, yang menjabat sebagai pemimpin regu ini, mengaku senang mengikuti kompetisi ini. Aku sudah 2 tahun selalu ikut lomba disini, senang sekali, agak deg-degan juga, tetapi kami pokoknya berusaha dan berdoa maksimal, ucap gadis berumur 13 tahun ini dengan sangat antusias.
Sama halnya dengan Choriah, Hanggari Fitria Utami juga berkomentar serupa, menggunakan topi lapangan berwarna merah, yang merupakan ciri khas dari sekolahnya yakni SMP 11 Tangerang. Hanggari merasa senang mengikuti lomba di UMB ini, menurutnya kegiatan ini bermanfaat dan sangat baik untuk dirinya. Senang sekali, dari sini aku bisa menemukan jati diri dan belajar disiplin, terangnya dengan ramah.
Diujung acara, tiba saat pengumuman juara. Lagi-lagi Juara 1 kali ini masih dipegang oleh juara tahun lalu. SMP 264 Jakarta dengan nomor peserta 2 di regu pria dan SMP 201 Jakarta dengan nomor peserta 24 diregu putri. Sedangkan juara umum tahun ini jatuh pada regu pria, yaitu SMP 264 Jakarta.
Riuh kegembiraan para pemenang nampak dilapangan, terlebih ekspresi yang sangat bahagia terlihat dari raut wajah Gery Tofak, pelatih SMP 264 Jakarta ini mengakui jika juara umum ini adalah memang target dirinya. Pertama itu memang target saya, kedua senang dan semoga tahun depan kami bisaikut Festival UMB lagi, tanggap Gery sambil tersenyum lebar. (www.mercubuana.ac.id / humas@mercubuana.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *