JURNAL FESTIVAL UMB 6: WORKSHOP FOTOGRAFI ADVERTISING MERENDA VISUAL MANUSIA DENGAN CARA YANG MENYENANGKAN

Aula Rektorat Kampus Menara Bhakti Universitas Mercu Buana kembali dipenuhi oleh siswa/i SMA yang mengikuti Workshop Photography Advertising dan Marketing Communication, 14/11/13, dalam rangkaian acara workshop Festival UMB ke 6. Terdapat sekitar 600 pelajar dari SMAN 9 Tangerang, SMAK Putra Rifara, SMAN 17 dan SMKN 45 yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pembukaan workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan pembukaan dari Ibu Yoyoh Hereyah, MSi (Ketua Bidang Studi Marcomm & Advertising UMB). Kemudian ulasan workshop Fotografi didahului tema ruang lingkup advertising & marcomm serta Advertising Photography, oleh Ardhariksa Zukruf. Dengan diselingi iklan-iklan yang menarik dari seluruh dunia, Ardhariksa Zukruf juga memaparkan hal-hal yang sering ditemukan di dunia advertising.

Saat dibuka sesi tanya jawab, para peserta sangat aktif dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan. Dilanjutkan dengan agency presentation dari Mercu Buana Addictive, yang merupakan agency biro iklan di bawah naungan FIKOM UMB, sekaligus sebagai wadah bagi para mahasiswa Advertising yang ingin berkreasi dalam bidang periklanan.

Frins dan Shita, mahasiswa Marcomm & Advertising, yang merupakan salah satu anggota Addictive tahun 2010 menampilkan video iklan yang menarik para pelajar dan menjelaskan kesan pesan mereka selama menjadi mahasiswa Marcomm. Asti dari SMA Negeri 9 Tangerang mengatakan bahwa acara workshop tersebut bagus, karena memberi pengalaman khususnya untuk anak-anak SMAN 9. Selain itu memberi motivasi, bagaimana cara menghadapi kesulitan-kesulitan di Advertising. Dia tertarik masuk UMB, khususnya Advertising karena basically tertarik dengan bisnis bidang periklanan.

Acara dilanjutkan dengan workshop photography yang mengajak 10 pelajar dari perwakilan masing-masing sekolah untuk belajar singkat mengenai fotografi. Di sisi belakang Aula dengan kapasitas 1000 orang tersebut, disediakan 5 studio photo booth dilengkapi dengan fotografer, fasilitas kamera, lampu dan background. 50 siswa yang terpilih terlihat antusias mempelajari kamera dan ikut berfoto-foto di mini booth tersebut. Sambil menunggu, siswa lain yang tidak terpilih untuk ikut workshop fotografi mengisi waktunya dengan bernyanyi. Salah satu siswa menyanyikan lagu Grenade Bruno Mars di atas panggung. Suaranya yang merdu disambut tepukan meriah dari para siswa lainnya. Setelah workshop fotografi selesai, acara diakhiri dengan ucapan terima kasih dari panitia. Salah satu siswa dari SMK Negeri 45 Jakarta yang bernama Lesmana Ramadon mengatakan bahwa acara tersebut sangat bagus. (Biro Sekretariat Universitas & Hubungan Masyarakat / humas@mercubuana.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *